Senin, 16 Januari 2012

Tahu petis: Penjual bakteri!



Menulis apa hari ini? Sebenarnya masih banyak uneg-uneg yang mau saya tulis & share untuk buku/blog catatantahupetis, tapi karena udah malem plus ngantuk berat? Yaudahlah. Besok aja kali, Ya
                Ada hal kosakata baru dalam kamus hidupku, yaitu jual-beli penyakit. Sebagai calon dokter, masalah penyakit dari penyebab, akibatnya, komplikasi, patogenesis, dll sampe kematian bakal aku pelajari di kampus. Tapi ini apa coba? Jual-beli penyakit!
                Sadar atau tidak, selama ini proses jual beli penyakit emang udah terjadi di masyarakat luas. Lho, kok? Nah, ini berawal dari kisah sedih anak kos, tunjung & seorang temennya yang agak gila, gak lain adalah aku, hehe. Kisah curahan hati yang menuliskan  sulitnya hidup sehat sebagai anak kos yang hidup di tengah perantauan.
                Di tengah kami mencari tukang tambal ban buat ngisi angin, aku liat di sebelah alfa**rt ada warung mie ayam buka.
                “Njung, kamu mau es teh, nggak? Aku traktir deh sampe kembung juga aku jabanin!” Aku nawarin ke Tunjung
                “Nggak, lah..” Kata dia, lalu membayar pak tukang isi angin.
                Daripada kelamaan nawarin ke dia, karena sesuai pengalaman dia nggak bakal mau yang namanya minum; 1. Es teh di kompleks kos, 2. Es susu dan es lainnya, yang pasti bukan julia EStelle. Kalo ES yang ini aku juga mau, dah! hehe, Aku lalu pergi ke warung mie tadi
                “Kenapa, njung? Selalu aja nolak kalau aku mau beliin minum.” Aku tawarin ke dia es teh ku, “Nih, minum.”
                “Nggak, ah. Itu harganya berapa?” Tanya dia polos
                “Seribu lima ratus.”
                “Penyakit dijual laku, Ya? Emang kreatif orang Indonesia!” Katanya sambil starter motor, dari gayanya kayaknya dia mau nampilin otak ces-pleng nya ke aku.
                “Kok? Maksudmu?”
                “Bukankah yang kamu minum itu bakteri E. Coli? Ternyata bakteri E. Coli mahal, Ya? Seribu lima ratus! Padahal kalo kamu mau bakal aku kasih gratis, Kan habis ini aku mau pup” Jawabnya sambil nampangin wajah miri ayahku, wajah pendewasaan
                Emang bodohnya aku dan karena terlalu absurd mungkin otakku, nggak mudeng juga. Masih dengan gaya nyruput es teh, “Maksudmu?”
                “Bukannya es teh yang kamu minum itu, es nya dari balok es yang airnya tercemar, Yan?” Jawab dia senyum-senyum kayak marmutnya bang raditya dika!
                “Sial,” Karena aku emang orangnya super ceroboh dan emang susah dibilangin kali, Ya? Langsung aku seruput es tehnya cepet-cepet, biat si tunjung nggak ngoceh-ngoceh tentang bakteri-bakteri peliharaanya, “Udah aku minum semua, Nih! Aku kan emang pelihara bakteri di tubuhku, Njung. Ntar juga keluar bareng si pup.” Hehe

3 komentar:

Unknown mengatakan...

waaah, ternyata kita sama2 mahasiswa kesehatan...
bener tuh, es es yang dijual dipinggir jalan itu parah banget cemarannya, kami pernah uji cemaran mikrobiologi makanan n minuman yg dijual d pnggir jalan, dan itu parah banget cemarannya

btw kata2 'es es' yg diatas brasa aneh, itu kan nnama panggilan gue yan :D
call me SS

Riyan Arrizal mengatakan...

tos dulu dong sesama mhs kesehatan... :D
iya, dulu aku ujinya malah air keran, hehe.. nggak terlalu parah

hehe, yg aneh malah keren tauuu.. hehe

okey SS, salam kenal :)

novi rahantan mengatakan...

waduh, gitu yah anak kesehatan. mau minum ajah repot..*hehe.


aku sering loh jajan di pinggir jalan, alhamdulillah belum jadi korban *jangan sampe yah..

susah tuh nyari makanan sehat skg, yang penting peut terisi dulu..