Jumat, 13 Januari 2012

Tahu Petis: Cara Mencontek Waktu Ujian



Tahu petis kali ini akan membahas seputar ujian. Lebih khususnya cara buat nyontek waktu ujian. Saya tulis ini bukan untuk mempengaruhi kalian para pembaca buat nyonterk, tetapi biar kalian tambah kreatif aja. Kan nggak selamanya ingatan kita kuat buat ngapalin buku seabrek banyaknya. Coba aja kalo kalian kepepet? Nah, semoga tulisan ini bermanfaat!

Lebih ringkasnya, ini adalah salah satu pengalaman hebohku waktu SMA. Emang banyak banget ya pengalamanku SMA, awalnya tulisan ini aku mau tambahin di “Hal-hal bodoh yang aku lakuin di SMA part 2” yang mau terbit bentar lagi, tapi karena temen-temen se-angkatanku besok mau ujian plus penulisan yang part 2 butuh waktu, jadi aku rasa perlu penulisan secara instan. So aku masukin ke Tahu petis. Check this out.

Catatan Tersembunyi

Ketika SMA dulu, aku paling anti kalo nyontek temen waktu ujian, apalagi nyontekin, udah aku gampar temen yang nyontek aku! Hehe, dulu tapi. Kalo masalah nyontek temen, no way dah! Kenapa? Bukannya aku sebagai manusia sombong atau gimana, tapi ini berdasar dua alasan kuat; pertama, karena dulu pernah waktu aku nyontek habis-habisan temenku waktu ujian sampe semuanya sama persis, sampe-sampe gurunya manggil aku selesai ujian.

“Kamu nggak ngerjain ujian, Ya?” Kata guruku di depan kelas.

“Ngerjain, Kok Bu, malah saya yakin banget kalo dapet nilai tertinggi.” Aku nyombongin diri watu itu, maklum aku kan nyontek temen yang katanya udah belajar mati-matian

“Kok Ibu nggak liat? Mana, Ya?” Sambil sok nyari hasil ujian Ibu Guru senyum-senyum meringis, nahan dikit pake tangannya.

“Ada kok Bu.” Jawabku sambil ngangguk kepala

“Coba kamu panggil ini anak..” Dia nunjukin sebuah nama seorang temen, secara aku nggak mau buat aib, kita panggil aja Mr. X

“Oke, bu...” Aku ngeliat sekilas kertas ujiannya. Lalu jalan ke-luar kelas, maklum semua temen udah pada ngeluyur keluar kelas, Kan habis ujian istirahat.

“Eh, tunggu dulu...” Kataku, sambil berhenti tepat di daun pintu

“Ibu, tolong lihat hasil kertasnya lagi, Bu...” Kataku penasaran

“Ini...”

Sial! Ini, Kan tulisanku. Kok, namanya Mr.X, Ya? Si Ibu senyum-senyum sendirian lagi ngeliatin ekspresi wajahku yang ketakutan plus sok blagu. Wah, emang namanya Riyan, kali Ya pinter pasang wajah blagu., sok kagak tahu! Langsung aja aku keluarin jurus aktingku..

“Oalah, ini tadi waktu pembagian kertas, aku nggak dapet, Bu, eh aku dikasih sama kertas ujian Mr. X, aku lupa ganti namanya, Bu!” Kataku sambil senyum & ketawa kecil

“Mosok?” (Dalam bahasa Indonesia “Masak, sih?”) Si Ibu senyum, “Jangan bohong, Ya, ada yang lebih tahu di atas, Nak.”

Si Ibu membelai lembut rambutku, dan tersenyum. “Ibu, tau kamu nyontek, Le. Daritadi ibu juga ngawasin kamu. Kamu itu anaknya pinter, Le. Kreatif! Nah, tapi kreatifmu jangan dibuat dalam urusan nyontek! Kamu rugi, coba kamu suatu saat nulis novel, Kan malah lebih bagus?”

Perkataan yang paling aku ingat!

Alasan kedua aku nggak mau nyontek adalah, karena pesan Mamaku yang ke-5 berbunyi, “Kalo kamu mau pinter, jangan nyontek, Ya dek. Kamu pasti bisa, walaupun gagal, Kan kamu tetep anak Mama!”

Emang perkataan Ibu itu manjur banget. Kalo kita ngikutin, jalan pasti akan mudah! Bahkan menurutku, doa atau perkataan Mama itu lebih manjur dan berkasiat daripada minta doanya sama orang ahli agama.

Nah, kok malah ngelantur, Ya tulisannya? So, back to cerita inti. Ada satu cara ampuh waktu SMA kalo aku mau nyontek. Lho? Katanya aku nggak nyontek? Ups, kalo nyontek temen aku paling anti, Ya! Tapi kalo nyontek catatan, adalah sebuah hobiku waktu SMA yang ke-3. Bahkan kalo di rata-rata udah ngelewatin jadwal mandiku tiap hari waktu SMA, (Kan waktu SMA, aku sering banget nggak mandi waktu berangkat pagi! Hehe). Tapi menjelang dewasa Alhamdulillah sekarang udah bisa mandi sendiri & nyadar pentingnya mandi.

Kembali ko topik, dulu waktu ujian udah deket. Aku punya strategi jitu buat dapetin hasil yang bagus! Ingat perkataan,”Ilmu kalo nggak dicatet bakal lupa.”? Nah, aku sebagai anak muda yang nggak bergelar “omdo” alias omong doang jadi aku laksanakan perkataan itu, hehe

Waktu itu..

“Yan, ngapain kamu?” Tanya temen SMA, kita panggil aja Edo, karena dia emang deket sama aku waktu SMA. Ntar kapan-kapan aku ceritain tentang ini orang.

“Aku lagi buat contekan, Nih!” Kataku sambil buat tulisan contekan.

“Wah, ternyata pake contekan, Ya? Bikin males tau!” Dia nuduh-nuduh pake jarinya ke aku, sambil senyum penuh makna kayak sule di OVJ

“Ssst, jangan ganggu!”

Aku lalu ngelanjutin buat catatan-catatan kecil. Ada beberapa tempat strategis yang aku emang biasa kasih catetan, pertama adalah bagian tangan. Ini karena dulu SMA ku modelnya pake lengan panjang! Yang kedua, aku tulis catetan kecil di kertas yang aku tempelin pake selotip di bagian dalem baju, hehe. Terus biar tambah mantep waktu nyontek, aku tulis di atasnya, “catatan contekan”, emang buku doang yang pake judul catatan (Catatan akhir sekolah, dll) , contekan ku juga!

Nah, setelah bel. Kami anak kelas masuk semua buat ujian.

“Siap, Ya. Ujian mulai.” Kata guruku nyuruh kami mulai ngerjain.

Emang gila otakku, dengan mudah dan hampir tanpa beban aku ngerjain ujian. Eh, nggak lupa aku pasang wajah serius & plus sok bingung waktu baca soalnya. Ini berguna banget biar si guru percaya ama aku.

“Aha, aku tahu..” Kataku sambil masang wajah seneng instan, ini berguna biar si Guru percaya sama kita kalo kita emang bisa

Ujian, Pun berakhir. Dan aku sangat yakin bakal lulus ujian tanpa remidi!

Tengah siang, kami solat berjamaah dzuhur. Tepatnya waktu aku lagi siap-siap wudhu di depan keran, aku lingkis sebagian lengan sampai bagian siku ke atas.

“Yan, tunggu dulu...” Kata seorang di belakangku, seorang bersuara besar. Kayaknya aku tahu!

“Kenapa?” Aku noleh, dan ternyata... Guruku! Kita panghil aja yang suka jaga pintu

“Ini apa?” Dia senyum-senyum ke aku pake wajah gembira, mungkin jika diibaratkan seperti film shaun the seep, penggembalanya waktu lukisannya terjual mahal!

“Hehehe, ini lukisan seni, Pak!” Kataku, nggak jadi wudhu

“Oh, seni, Ya? Jadi kamu suka seni?” Tanya dia

“Jelas dong, Pak!”

“Kalo gitu mau nggak Bapak kasih gambarin seni? Lebih bagus dari ini.” Bapak Guru nawarin,

“Mau banget, Pak!”

“Nanti setelah solat, dateng ke kantor, bapak mau lukis wajahmu!” Lalu Bapak langsung wudhu di sebelahku yang kebetulan kosong. Temenku pada ngomong satu kata bersama, “Eiiiaaaaaaaaaaaaaa....” Ketawa ngakak-ngakak.

Nah, setelah mendapat nasihat dari Pak Guru, aku mulai nyesel kalo nyontek itu nggak baik buat kesehatan. Mungkin hari ini aku nggak jadi dilukis, Kan bapaknya baik! Coba aja kalo wajahku dilukis? Masih mending kalo itu gambaran lukisan, gimana kalo yang ngelukis guru fisika? Atau kimia? Atau matematika? Bisa-bisa kepinteran wajahku penuh rumus

Nah, usai sekolah aku langsung pulang. Buka baju seragam & naruh di tempat cucian. Dan di dunia yang penuh Kebetulan, kebeneran juga waktu itu Mama lagi di sebelahku, langsung Mama ambil seragamku.

“Gimana ujiannya?” Tanya Mama, Beliau emang perhatian banget ke aku

“Alhamdulillah bisa, Ma.”

“Syukur, deh. Itu baru anak Mama.” Mama senyum

“Siapa dulu anak Mama, Riyan.”

“Kamu emang anak mama terbaik!” Katanya mamaku yang lagi ngotak-atik bajuku. Aku pergi ninggain mama ke ruang makan.

Tiba-tiba mama nyetop langkahku, “Kamu tadi yakin bisa?” Tanyanya.

“Yakin bisa, Ma. Kalo boleh beli borongan aku beli deh yakinnya jadi 200 persen!” Jawabku tegas.

“Oh, gitu. Kamu enggak lupa pesan mama, Kan?”

“Yang apa, Ma? Semua pesan mama yang jumlahnya 20-an udah aku rangkum jadi buku, masa aku lupa!” Protesku

“Inget pesen mama ke-5, nggak?”

“Jangan nyontek temen, kan? Aku nggak lakuin itu kok, Mah!” Aku lalu lanjutin makan.

“Hmm, emang anak muda kali, Ya.” Mamaku, lalu nunjukin sebuah kertas kecil bertuliskan “catatan contekan”

“Itu... Catatan ujian, Ma. Kan, katanya ilmu harus di catat.” Aku gugup, menghadapi Beliau

“Yan, yan... Cukup sekali, Ya?” Beliau lalu mengelur rambutku, tegas dan lembut. Tanpa intimidasi. Walaupun ini bukan blog lebay, aku tuliskan di sini, “seperti malaikat.”

Sedikit sekali perasaanku ingin kembali nyontek, aku tersenyum balas ke wajahnya. Masih terkenang sanjungan Mama dan manjaan mama, saat aku diceritakan akan sukses tanpa contekan!

“Maaf, Ya Ma. Cukup sekali” Tanda silang kelingking berarti janji telah terikat dari sejak itu hingga sekarang, hasilnya? Lihat sendiri ke kenyataan hidupku, semua terasa indah dan ilmu lebih bermanfaat!

Sejak saat itu, relatif dapet ranking

Relatif, nggak mudah lupa pelajaran

Lebih pinter ngitung waktu pelajaran fisika, bahkan pernah suatu ketika dapet surat rujukan dari guru ikut lomba! Alhamdulillah

+++

Pesan moral: Kalo nggak mau dapet ranking, pakailah kertas contekan

Kalo mau pinter fisika, harus pinter matematika

Kalo mau bohong jangan akting, bohonglah dengan jujur

Doa ibu, lebih manjur dari doa banyak ahli ibadah

*jangan membaca tahu petis tanpa bimbingan orang tua

** Buat temen osteon, semangat Ya! Aku yakin jiwa dan semangat kalian sekuat tulang keras. Jangan kecewakan Ari, yang waktu itu hampir pulang tapi gag jadi

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Lumayan nambah ilmu

Riyan Arrizal mengatakan...

Hehehe, jangan ditiru ya nyonteknya..
:D

Riyan Arrizal mengatakan...

Hehehe, jangan ditiru ya nyonteknya..
:D

Anonim mengatakan...

nggak gue banget ini sih :D

Azura Zie mengatakan...

Wew... sepertinya semua yang pernag sekolah, pernah kenal ya yang namanya contek mencontek atau di contek.. =)

Ca Ya mengatakan...

wehehhe sygnye aye udeh kga SMA lg ahihi..
tp blm prnah jg ketauan nyontek =,,=