Rabu, 11 Januari 2012

Seri fakultair: Gara-gara fakultair



Sebelum aku lanjutin ceritanya, aku mau perkenalkan tokoh-tokoh yang akan main di filmnya.

Joko, atau lebih sering dipanggil Jack. Cowok terganteng se-angkatan yang punya senyuman menggoda. Banyak cewek yang klepek-klepek sama senyumnya.

Bu Jack. Ibunya joko. Wanita berhati emas yang aku kenal setelah Mamaku. Sangat baik dan perhatian.

Angga, cowok purwodadi yang bertekad jadi dokter petualang. Orangnya agak aneh, karena sering senyum sendiri

Mbak Lintang, Kakak kelasku yang paling bagus aktingnya waktu marah. Dia pinter bahasa Inggris.

Ari. Komting baru di angkatanku,. Orangnya bijak, tegas dan santun. Tokoh pemimpin sejati.

Fakultair emang bikin frustasi buat angkatanku, terutama komting baru, Ari, yang cerita pemilihannya udah aku share kemarin. Nah, setelah dia kepilih jadi komting..

“Dek, karena kalian melanggar tata-tertib, kami beri sanksi!” Kata komdis (komdis itu komisi disiplin), katanya komdis itu..

“Komisi disiplin itu ada buat ngejaga kedisiplinan, bukan mencari kesalahan, Ya dek!” Katanya salah satu Mbak komdis. Padahal waktu itu kami Cuma dateng telat. Kalo di SMA ku aja dateng telat masih ada toleransi, malah kalo telat Guru-gurunya pada senyum ke aku. Coba ini? Komdisnya malah lomba galak-galak. Sebenernya yang salah itu aku, SMA-ku, apa mbak komdis?

“Tugas untuk kalian adalah membuat buku tanda tangan teman kalian, minimal 150 tanda tangan plus nama plus alamat plus plus plus... bla bla dan juga buat artikel, denah esay, dll.” Kata Mbak nya lagi, namannya Mbak Lintang, Cewek yang wajahnya “manis”! (Tenang Mbak, jaga-jaga kalo mbak Lintang baca)

Gila apa? 150 tanda tangan? Plus artikel esay & denah? Siapa yang mau ngerjain, enak aja! Waktu SMA aja kalo ada tugas pasti aku nggak ngerjain, paling banter juga aku ngumpulin telat.

Sebelum saya lanjutin tulisannya, saya mau ngomong, kalo saya buat tulisan ini sebagai tanda kami, osteon, (anak osteon setuju, Kan? Kalo satu salah, Kan salah semua, hehe) kalo kami bukan karena kecewa dengan fakultair, tapi kami sangat berterimakasih dengan fakultair karena memberi kenangan tersendiri. Mungkin yang ditulis di sini Cuma pengalamanku aja, tapi aku yakin temen angkatan lain pasti juga punya pengalaman yang lebih seru.

Setelah mas & mbak komdis ngasih tugas ke kami, dengan bhasa tubuhnya yang sok “macho”, terutama Masnya Adit (karena wajahnya mirip adit) dan tatapan kayak mau ngajak berantem akhirnya ninggalin ruangan.

"Akhinya, pergi semua kalian. Sampe nahan kecing dari pagi aku!"

Dan kembali MC ke depan untuk ngawal acara selanjutnya.

“Gimana, Dek? Deg-deg ser? Jangan tegang, Ya! Tugasnya dikerjain, biar enggak kena marah lagi!” Ini wejangan MC, yang juga nutup acara fakultair hari pertama.

Setelah kami semua keluar ruangan, si Komting baru minta agar kami semua berkumpul di depan gedung kampus.

“Gila apa? Tugasnya banyak segini? Pulang jam berapa aku?” Aku kan anak Mama, kuliah aja masih dianter!

Bukan Riyan namanya kalo enggak punya ide!

Dengan jalan tegas dan masang wajah berwibawa, aku ngedatangin Ari yang lagi diskusi sama temen-temen tentang strategi buat ngerjain tugas secara massal.

“Ari, aku mau ngomong sama kamu.” Aku tarik pundaknya, aku tatap matanya kayak kalo aku lagi natap cewek biar klepek-klepek. Ini jurus cinta nomor 2, “tatapan maut

“Apa? Ini kami lagi diskusi.” Jawabnya serius. Yang ini dia emang serius beneran, enggak akting kayak aku yang sok bijak apalah.

“Aku hanya ingin kasih ide.” Aku sambil sok memandang ke arah lain & masih pake wajah bijak

“Ide apa? Ayo sini bareng.” dia narik aku ke gerombolannya

“Gini, Ri. Aku itu bukannya gila atau apa, aku Cuma ingin nyaranin ke kamu. Kamu, Kan komting, kamu tahu sendiri, Kan temen kita banyak. Gimana kalo tugasnya nggak usah dikerjain? Kita semua enggak usah kerja, kita besok hadapi bersama, kalo mati, kita mati bareng!”

Eeeeeh, aku udah capek-capek serius kasih saran & ngluarin jurus tatapan mata, malah si Ari berlalu begitu saja ninggalin aku, “Enggak digubris sama sekali!” Dalem hati aku ngomong, "Awas, nanti kita lihat aja siapa yang cocok pake nama ariano apa arfinanto!" Hehe

Walaupun Ari nggak respek, tapi yang namanya Riyan itu enggak gampang nyerah. Sambil berjalannya waktu, aku pengaruhi sebagian temen buat enggak ngerjain tugas.

“Coba dipikir, Ya? Kita milih ngerjain sampe begadang atau tidur nyaman di kasur empuk? Mending kita semua enggak usah ngerjain!” Aku niru gayanya setan-setan bertanduk merah yang bisikin dari telinga kiri bawa pentungan.

“Ya, aku setuju, emang harusnya gitu!” Ini enggak tau siapa, yang pasti ada. Dia serius jawabnya

“Lalu? Ayo kita mogok ngerjain.”

“Tapi kamu aja. Aku mau ngerjain!” Sial batinku, emang semua pada enggak kompak. Malah dia orang ngakak enggak jelas

Mungkin emang saatnya aku berubah, dari jaman SMA yang penuh hura-hura, berotak melenceng dan seenaknya aja. Semua sudah sampai saat ini, aku katakan, “cukup.”

Dengan motivasi yang tinggi, aku & Angga lalu pergi ke kos Jack.

“Ini temenmu, dek?” Kata Seorang Ibu di kos Jack.

“Iya, Bu. Mereka mau ngerjain tugas bareng, ada tugas dari kampus.” Jawab Jack

“Oh, silahkan, Dek.”

Setelah cerita-cerita sama Jack, akhirnya aku tahu kalo perempuan ini itu Ibu nya dia. Ibunya enggak sendirian, dia didampingi sama seorang wanita lagi, tapi aku sampai saat ini nggak tahu siapa wanita yang satunya.

Lalu kami ngerjain tugas-tugas fakultair yang sangat banyak, kerja sampe malem. Bahkan kami harus kelayapan untuk ngerjain tugas tanda tangan bersama di lapangan parkir depan gedung. Sampe tengah malem! Aku jadi inget sama Pak Guru SD yang dulu sering cerita tentang kerja rodi, enggak nyangka aja sekarang aku jadi tokohnya. Padahal dulu kalo rodi aku sering mbayangin Pak Guru yang bawa cangkul kerja rodi! Kualat

Nah, setelah itu kami balik lagi ke kos, buat ngerjain tugas sisa. Si Jack, waktu itu udah mau teler.

“Yan, aku tidur dulu, Ya. Nanti setengah jam lagi bangunin!” Sambil ngusep matanya yang udah merah, cocok kalomain iklan obat mata, hehe

“Oke, Jack.” Dan dia akhirnya tidur dengan masih tersenyum, sok manis deh! Pantesan yang naksir banyak

Aku sama Angga masih sibuk ngerjain tugas, dan Bu Jack masih sibuk ngobrol di luar kamar. Entah apa yang mereka bicarakan, tapi dari caranya ngomong mereka rasanya udah ngantuk juga.

“Dek, udah jam 1 malem. Kalian tidur aja.” Kata Bu Jack.

“Iya, Ibu.” Jawabku, Angga

“Ini tidur bareng Joko di sini.” Bu Jack nyiapin kasur buat kami, di dalem kamar.

Lho? Kok kami malah disuruh tidur di dalem kamar? Terus Ibunya Joko tidur dimana?

“Ngga, tanya sana ke Bu Jack, kalo kita tidur di sini, Ibunya dimana?” Bisik aku ke Angga

“Aku enggak enak.”

Lalu Bu Jack keluar kamar, dan ternyata tanpa sepengetahuan kami Si Ibu udah nyiapin tempat tidur di luar kamarnya Jack, Cuma beralaskan tiker plus selimut dobel!

What? Apa-apaan ini? Aku emang IQ nya enggak tinggi, Ya jadi aku masih bingung. Si Ibu malah senyum ke aku sambil ngangkat tubuhku untuk segera pindah ke kasur.

“Ayo, dek lekas tidur.” Paksanya, mirip Mamaku waktu nyuruh aku bobo.

“Iya, Bu.” Aku & Angga akhirnya nurut, kami tidur di sebelah Jack. Bertiga di kasur.

Dengan wajah penuh kasih sayang, Si Ibu nyelimutin kami. Sekali lagi, mirip Mamaku! Lalu dengan hangat Si Ibu nyuruh kami, “Tugasnya besok saja, kalian tidur saja.” Sambil senyum, melegakan pikiran dan ngerefresh.

Bu Jack lalu keluar kamar lagi, dan tidur di kasur instan.

“Ngga, ternyata itu kasur di luar buat Bu Jack!” Aku bisik-bisik ke Angga.

“Iya, Yan. Kamu ngomong sana ke Bu Jack, kalo kita yang diluar aja!” Angga nyuruh aku

“Enak aja, aku malu. Enggak enak sama dia, mirip Mamaku!” Kataku.

“Ssst, Dek, tidur aja!” Bu Jack ngintip dari balik pintu. Pintunya emang sengaja Bu Jack buka sejengkal.

Di luar kami denger suara ribut Bu Jack, ternyata.. "Szzt, szzt." Sedang ada pembantaian nyamuk Genuk! Bu Jack vs Koloni nyamuk Gnuek.

"Plok, plok!" Suara teplokan

"Ngga, itu Ibunya Jack lagi tepuk tangan apa?" Aku nanya Angga yang hampir juga teler.

"Itu lagi basmi nyamuk! Oon."

"Kita kurang ajar berarti?"

"Nah, itu ngerti, udah tidur." Kata Angga malingin wajahnya ke arah sebaliknya.

So what gitu? Nggak berapa lama, Angga sempet ngelirik ke arah aku,

“Kamu gila, YA? Malah main Hape!” Dia mergokin aku yang lagi ngakak-ngakak baca sms.

"Ini ada sms, Ngga!"

"Edaaan!"

Sepeti wajah tanpa dosa aku emang asik main hape, sms an bentar sama temen SMA. Yah sesekali aku bangun sebentar sekedar nge bales sms. Eeh, malah si Angga ikutan main hape. Dasar gila!

"Heh, tadi marah-marah aku main hape, sekarang coba?" Aku mergokin Angga ikutan main hape

Eeeh, dia malah ngakak-ngakak. Mikirin tamu yang kurang ajar. Dan karena aku masih normal aku ikutin Angga. Kami berdua emang udah gak waras. Tertawa di atas penderitaan orang.

“Kami emang, GAK PUNYA HATI.”

Perbandingannya, kami bertiga tidur di atas kasur empuk dengan AC pendingin yang sejuk plus selimut. Dan di luar Si Ibu tanpa kasur empuk dan hanya beratapkan bintang, apalagi nyamuk Genuk lagi patroli jam malem!

Kami lalu diam berdua, dengan ditemani senyum Jack yang masih menggoda. Dan karena emang sudah ngantuk, aku akhirnya “Tidur!”

“Maafkan kami Ibu.”

Tidak ada komentar: