Senin, 25 Juni 2012

Penulis Gentayangan!!!


                Assalamualaikum,
Welcome di tulisan si tahupetis yang ke sekian kalinya. Sudah tulisan ke berapa, Ya? Haha, yang pasti dunia tulis-menulis tak akan mudah sirna dari yang namanya penyuka makanan tahu petis ini! Oke, kali ini saya ingin berbicara masalah... Apa, Ya? Mati ide. Ups, jangan sampai, jangan sampai berkata mati ide! Itu adalah pantangan terbesar untuk seorang penulis bebas macam diriku ini.
Sore hari tadi, aku lagi pusing-pusingnya ngurusin tugas anatomi yang banyak banget. Mau tahu bagaimana banyaknya? Tak perlu pendeskripsian yang panjang ya, yang pasti ini cukup untuk membuatku tidur jam tiga pagi dan bangun pagi-pagi untuk kejar kuliah plus ada respon! Wow banget, kan?
Ups, balik ke soal sore tadi. Nah, di saat sedang menggalaunya diriku, aku jalan dengan gaya cool-ku (ini sok cool, eh, karena ada kakak kelas yang cantik lewat) dan mungkin Allah menciptakan aku dengan khasnya yang salting alias salah ningkah waktu itu, jadi aku tengak-tengok nggak jelas sok memalingkan pandangan padahal aku curi pandang. Hehehe. Tapi berkat salah curi pandang ini aku ngelihat suatu poster yang, ini dunia gue banget! Ada lomba nulis coy, untuk anak kampus Unissula pula!
Usai aku baca-baca, ternyata isinya lomba buat artikel gitu yang temanya “budaya cyber islamic” atau ya itulah. Nah, jika bicara masalah lomba gak afdol kalau gak lihat nilai hadiahnya. Stelah aku cek, lumayanlah walau nggak besar amat.  Hehehe. Mata langsung berbinar ijo ngeliatinnya.
Langsung deh aku kepikiran mau nulis apa tentang yang islam-islam mau aku sangkutin kayak layangan nyantol di tiang listrik, yang hubungannnya islam sama internet. Dari sore tadi sampe malem gini otakku nggak konek juga buat tulisan yang bisa bikin jurinya klepek-klepek, wajarlah aku juga nggak terlalu pinter agama.
Karena frustasi itu, makanya aku jadi ngantuk di malem ini dan hampir aja aku nggak jadi nulis. But, something tiba-tiba aja terlintas dipikiranku. Yah, memang kelihatan biasa aja, “daripada mikirin hadiah, mending have fun aja nulis, kayak Riyan yang kayak biasanya” SANG PENULIS, hahaha..
Lama juga aku nggak nulis di dunia cyber ini, sebenarnya banyak juga lho tulisan & pendapatku yang berkaitan dengan islamic di blog ini. But, udahlah ini udah ganti tema, “cyber islamic budaya.”
Nulis? Why not?
Adakah diantara kita yang sering nulis? Aku yakin pasti kita semua yang khususnya pelajar bakal ngejawab, “sering!” Gimana nggak coba? Tiap hari aja makan tulisan yang harus di tulis entah itu tugas, atau ujian atau surat cinta, hehe. Stop, maksudnya surat cinta untuk orang tua.
Nulis itu sesuatu yang paling membosankan di dunia setelah menunggu. Menulis itu lebih berat daripada berlarian mengoper bola, lalu menyundul bola di lapangan sepakbola siang hari bolong, atau balapan renang yang panjang. Nggak percaya? Silahkan cek kebenarannya, saya yakin survey pun jika ada bakal menolak untuk yang namanya nulis.
So, nulis itu membosankan, ya? Nulis emang membosankan, tapi itu berlaku buat orang-orang yang nggak tahu betapa menulis itu sesuatu yang paling indah di dunia setelah wanita. Inget, kan kalau wanita itu perhiasan dunia?
Pernah kebayang betapa kayanya seorang penulis fiksi Harry Potter, si JK Rowling itu? Bahkan dengan nulis dia bisa mengalahkan kekayaan Ratu Elizabeth. Atau tahu yang namanya Andrea Hirata? Dengan menulis dia bisa menjadi  terkenal dan memberi manfaat pada orang lain. Pernah denger kan kalau ada pengguna narkoba yang taubat setelah baca novelnya si Andrea ini? Subhanallah, ini adalah contoh kecilnya aja!
Kalau untuk gue pribadi, dengan menulis ini adalah cara having fun termurah sekaligus tersesuatu. Engkau bisa berada di puncak awan tanpa terbang, engkau bisa berada di kedalaman laut tanpa menyelam, engkau bisa menelisik rasanya memiliki kekasih tanpa memiliki pun, hehehe.
Sebenarnya nulis itu budaya islam. Islam sebenarnya udah mendikte seseorang untuk banyak-banyak & rajin-rajin menulis, nggak percaya? Inget ayat pertama yang turun? “Bacalah.” Inget? Bukankah isinya perintah agar kita semua banyak membaca, nah kalau nggak ada tulisan apa yang mau dibaca? Itu simpelnya.
                Kalau aku sendiri sebenernya pengin yang namanya punya buku harian yang istimewa dan bakal aku tulis semua pemikiran-pemikiran yang spesial pastinya. Itu pasti akan sangat berguna mengingat aku selalu ingin mengabadikan momen spesialku yang InsyaAllah bisa jadi pelajaran hidup. Buku harian? Hmm.. Aku menyukainya.
                Perkembangan teknologi yang begitu pesat ditambah arus akses yang tanpa batas tentang privasi dan hal-hal lainnya telah membuka buku harian menjadi lebih terbuka. Mungkin jarang ukuran seorang uda semacam aku menggunakan buku harian bersampul dan bertahtakan nama terang jelas yang tersimpan berbagai kisah dan pelajaran bermakna. Jarang. Di Era ini, hal semacam itu sudah berganti yang namanya blog!
                Era global, internet dan dunia pun bersatu. Tanpa kesulitan seseorang akan sangat mudah untuk berbagi info atau file atau pengalaman, kata, tulisan jika dibandingkan denganku. Ini bisa menjadi jalan yang baik untuk para penulis yang beralih menggunakan media internet sebagai acuan buku harian mereka, juga aku. Gairah untuk menulis akan bertambah seiring dengan efek ini.
                Ini sebenarnya yang harusnya dimanfaatkan oleh anak-anak muda yang islam tentunya untuk menyalurkan inspirasi, motivasi, ide atau gagasan terbaik mereka. Tulisan! Ya, dunia lebih memandang tulisan ketimbang lainnya, ini masih terbukti hingga sekarang. Tentu dengan tidak melupakan bagaimana sikap yang berbudaya islami itu sendiri.
                Sekarang saya coba untuk bermain satu permainan dengan anda-anda yang membaca tulisan ini. Coba bayangkan dengan sederhana jika lebih banyak seseorang yang baik menulis di internet dan tulisan itu bermanfaat oleh orang lain? Tentunya budaya cyber islami yang juga mengarah ke buadaya fight to learn by writing bakal maknyuss.. Kapan? Semoga.

2 komentar:

Yuraaa mengatakan...

setuju deh sma ulasannya..
anak muda skrg hobi nulis stat galau..hehe
#kaburr#gaje

seno mengatakan...

Wah mau komentar aja loadingnya susah amat.. Hadew
dan akhirnya bisa juga, salam kenal sobat.