Rabu, 01 Februari 2012

Tahu petis; Jangan percaya sama Dokter


Kalo ngebaca judul tulisan gue di atas, emang sih terlalu subjektif. Banyak dari kalian pasti berpikir ngapain coba aku ngasih judul diskriminatif? Tenang, tenang.. Aku enggak mau mempengaruhi kalian biar nggak percaya dokter, itu salah besar! Hehe.. Ingat istilah “don’t judge the book by the cover?”
                Kalo aku sih jujur nggak setuju sama istilah itu. Bagaimanapun cover itu nomor satu, banyak buku jelek yang ke  jual gara-gara covernya bagus. Right? So, aku buat judul yang aneh biar kalian ketipu dan jika kalian membaca sampai di sini, SELAMAT ANDA TERTIPU, hehe
                Nah, berkaitan dengan judul di atas ada satu pengalaman ceroboh gue waktu SMA. Sebenernya aku enggak mau nulis tentang pengalaman ini karena aku sangat malu dengan yang ini! But, untuk pembelajaran sekalian pembaca tahupetis nggak apa lah.
                Ini bermula ketika gue kena penyakit yang aku sendiri tak ingin membahasnya lagi, sedikit ilfil jika mengingatnya. Yup, ini penyakit kulit yang ditularkan oleh kakakku karena aku pake handuknya, alias PANU! Hehe, Jangan ngakak!
                Nah, karena Mama pengin serangan panu ini segera lenyap, beliau nyuruh aku biar pergi ke dokter aja 
                “Yan, udah kamu ke dokter aja. Ntar sore mama anter! Ke dokter spesialis kulit dekat perempatan situ. Itu pinter dokternya.” Kata beliau sambil ngolesin obat panu di punggungku.
                “Ah, buat apa, Ma? Cuma kayak gini doing, Kok!”
                “Bukan gitu, masalahnya kulitmu item, jadi kalo ada panunya kelihatan!”
                Memang dari dulu aku gak percaya yang namanya dokter. Apalagi kalau hanya terkena penyakit kecil, aku lebih percaya pada apoteker. Secara logis aku berpikir, “Kan apoteker lebih tahu jenis-jenis obat dan gunanya? Terus dokter ngapain?” Itu pendapatku dulu sebelum jadi calon dokter
                Ini didukung pengalaman waktu adik lagi sakit panas, waktu itu Mama Tanya ke saudara yang jga dokter. Dan apakah kalian tahu apa obat yang dianjurkan dokter itu? Hanya parasetamol. Aku yang masih SMA juga bisa kalo Cuma ngomong, “kasih parasetamol aja!”
                Lalu, karena aku percaya apoteker, aku mau coba nih, BEROBAT KE APOTEKER, hehe. Mungkin aja jadi inovasi terbaru di bidang kesehatan
                “Mbak, obat buat “tiiit” apa?” Tanyaku di apotek deket rumah
                “Oh, mau yang oles apa minum?”Kata mbak apoteker. (Aku heran, kenapa apoteker di apotek kebanyakan cewek, Ya?)
                “Dua-duanya aja, biar langsung ces pleng!”
                “Oh, ini obatnya gini bla bla bla..”  Si Mbak tadi jelasin ke aku dengan rinci, dia ngasih berapa kali aku harus minum, dan lain-lain. Sampai di sini aku mikir, “Bener perkiraanku, apoteker itu sama aja dokter. Ntar aku pamerin ke Mama!”
                Sepulang dari rumah, aku jelasin ke Mama, tentang kelebihan berobat ke apoteker. Dan aku tunjukin sebungkus antibiotic hasil berobatku ke apoteker. Oh, iya satu kelebihan apoteker lagi, dia bisa member obat tanpa menginterogasi dan mengecheck penyakit pasien.
                “Jangan sembarangan minum antibiotic, Yan! Harus dengan resep dokter” Kata mama ngingetin
                “Ah, tenang aja, Ma..” Aku dengan santai menepis semua keraguan mama.
                Dan setelah itu aku minum itu antibiotic. Awalnya aku minum teratur, sehari sekali. Namun, di tengah jalan karena aku males & ngerasa udah mulai baikkan, aku bolong-bolong minum si antibiotic.
                “Bener, kan Ma? Apa kata Riyan..” Aku nunjukin hasil berobat ke apoteker.
                Mama hanya tersenyum mendengar anaknya bahagia.
                …
                Sekarang setelah aku masuk Fakultas Kedokteran & mendalami tentang segala penyakit serta ANTIBIOTIK yang dulu pernah gue minum sembarangan itu..
                “Dek, minum antibiotic itu harus tepat! Harus teratur dan dengan resep dokter, jika tidak mikroorganisme yang menyerang tubuh bakal resisten atau kebal terhadap antibiotic golongan yang diminum dan golongan dibawahnya.” Penjelasan dosen pakar antibiotic di kuliahku.
                “Artinya? Dulu aku minum antibiotic sembarangan, karena aku nggak percaya dokter. Secara teori, mikroorganime dan segala bakteri tubuhku sudah kebal terhadap antibiotic  golongan yang dulu aku minum. Padahal waktu itu aku minum antibiotic golongan tinggi!” Shocked
                Namun, jangan panggil aku Riyan kalau aku takluk dengan teori itu. Bagiku tubuhku resisten terhadap segala bakteri, dan kebal, hehe.
                Mekanisme tubuh itu hanya dokter yang lebih tahu dibanding tenaga kesehatan lainnya, apoteker contohnya. Dan sebaiknya jangan menganggap remeh obat-obatan yang akan masuk ke tubuh, karena mekanisme tubuh itu rumit, tidak seperti yang aku bayangin waktu SMA.
               Dan saranku, jangan percaya dokter kalo pengen bakteri di tubuh kebal sama antibiotik dan bakal menggerogoti tubuh sampai habis tanpa ada obat (antibiotik) buat bakteri tadi.

 Aku tahu itu setelah aku masuk dunia kedokteran..

32 komentar:

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

Wah ketipu sm judulnya -,-
kok mirip sm aku ya? Aku ga pernah percaya sm dokter tp pengen jd dokter :D
huehehe

Riyan Arrizal mengatakan...

@dara agusti maulidya

huahahahaha :D mknya dont judge by the cover. hhehe
nah, kalo itu aku dulu.. skg aku percaya kok (kan aku cln dokter) :p

DhynaSaurus mengatakan...

dokter itu suka megang2..
takutttt......

Riyan Arrizal mengatakan...

@eva dina

iyaa, hehe.. kan buat kebaikan pasien jua :D

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

tapi ya bang. kalo dipikir-pikir kesembuhan kita juga bisa karena sugesti yah. misalnya aku percaya kalo obat yg aku minum bisa jadi perantara kesembuhan aku gitu, berarti Insha Allah bisa sembuh. dan berlaku juga kebalikannya. iya ga sih bang?
heuheu
jadi banyak nanya deh :D

Riyan Arrizal mengatakan...

@dara agusti

yup, bener mbak.. sugesti juga ngaruh buat kondisi tubuh..
bnyk yg ke sugesti kalo ke dokter bakal sembuh, hehe..
:D

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

Dokter = tukang hipnotis (?)
#plak

Riyan Arrizal mengatakan...

@ Dara AM

yeeeh, alo tkg hipnotis itu si Uy* K*ya , hehe...

ayo jadi dokter yuk, jadi keluarga calon dokter :D

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

Jadi dokter sm jd keluarga calon dokter apa bedanya ya bang?
*ngelap ingus*
*ceritanya lg ga mudeng ini*

Riyan Arrizal mengatakan...

@Dara AM
hehe, ntar tau sendiri bedanya kalo masuk kedokteran.. yg psti ikatan antar dokter & mahasiswa dokter itu kuat bgt. kan d sumpah dkter ad, nkal memperlakukan rekan sejawat dokter seperti sdra kandung.. ^^

Riyan Arrizal mengatakan...

@Dara AM
hehe, ntar tau sendiri bedanya kalo masuk kedokteran.. yg psti ikatan antar dokter & mahasiswa dokter itu kuat bgt. kan d sumpah dkter ad, nkal memperlakukan rekan sejawat dokter seperti sdra kandung.. ^^

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

Oh gitu, asik nih.
Berarti ntar kalo aku masuk FK, kita bakalan kayak sodara kandung gt ya bang?
*ceritanya masih bingung* u,u

Riyan Arrizal mengatakan...

@Dara

Iya seperti itu lah.. Gmn?? Udah siap kah pnya sodara kandung spti ku?? Hehehe

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

hem hem....
gimana ya?
siap gak ya? huahahaha

Riyan Arrizal mengatakan...

ayo dong kudu siap!!! :)

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

siap gak siap mah disiapin aja bang. kan aku CALON DOKTER JUGA!!!!! hahaha :D amiin :)

Riyan Arrizal mengatakan...

Amiiiiiin.. :)

semangatnya tinggi nih! oke aku tunggu yah..

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

bagi saya, semangat adalah hal ke-6 yang paling penting dalam hidup ini, huehehe O:)

Riyan Arrizal mengatakan...

@dara agusti maulidya

yang pertama sampe ke lima apaan dong??? jd pgn tau ni ak..

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

PANCASILA! !!!!!
huahahaha :D

Riyan Arrizal mengatakan...

wkwkwkw... dsar Dara..

Kirain apaan, eh trnyata PANCASILA!!

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

tapi bener kan? pedoman hidup tuh :)

Riyan Arrizal mengatakan...

hehe.. pedoman negara tuh

km SMA mna dara?
kok pgn jd dokter?

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

SMAN 1 SUI RAYA, PONTIANAK, KAL-BAR.
Kok pengen jd dokter? namanya juga cita-cita bang :D

Riyan Arrizal mengatakan...

wah jauh..
oke, semangat ya dara! jd dokter itu asyik :)

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

asik? kayak bang riyan udah pernah jd dokter aja. huahaha
masih mahasiswa bang :P

Riyan Arrizal mengatakan...

@Dara Agusti Maulidya
hehehe.. :D
tp aura jd dokternya ud ngerasuk dara.. hehehe

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

#eaaaa
emang udh semester brp sih bang?

Riyan Arrizal mengatakan...

aku?baru aja besok semester 2. hehehe.... :D

Dara Agusti Maulidya mengatakan...

anak baru juga ya rupanya ._.

Riyan Arrizal mengatakan...

ehehehehe... iyaa :D

Riyan Arrizal mengatakan...

ehehehehe... iyaa :D